BioSeptictank Jadi Jamban Inovasi Baru

2018-10-10 14:48:19   Their Look

SEMARANG - Bio septic tank merupakan jamban inovasi baru. Jamban tersebut segera dipasang di sejumlah warga Kota Semarang yang belum memiliki jamban.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan dan Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Semarang Yuli Kurniasih menuturkan, bio septic tank merupakan inovasi terbaru dalam program jamban sehat.

Alat itu sudah mengalami proses ujian dari Penelitian dan Pengembangan dan Komite Akreditasi Nasional (KAN), serta Kementrian PUPR.

Bio septic tank ini memiliki kapasitas yang beragam yakni mulai dari ukuran 600 liter, 1.500 liter, 3.000 liter, 5.000 liter hingga yang terbesar yaitu 20.000 liter.

”Biasanya untuk satu keluarga dipasang ukuran 600 liter dengan asumsi bisa digunakan dalam kurun waktu 10 - 15 tahun,” tuturnya.

Nantinya, setiap enam bulan sekali akan diberikan kaporit yang bertujuan untuk menghancurkan bakteri yang ada di dalam bio septic tank tersebut sehingga bisa bertahan lebih lama lagi.

Ia berharap, program samban sehat melalui pemasangan bio septic tank membuat masyarakat tak lagi membuang air besar di sungai atau kebun dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Dikatakannya, produk itu dibuat dengan menggunakan teknologi filtrasi didalamnya sehingga limbah tinja manusia tidak lagi berbentuk seperti aslinya melainkan telah melalui proses filtrasi.

Untuk diketahui, Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang akan menyiapkan 300 bio septic tankkarena masih ada warga Semarang yang belum memiliki jamban.